Cara Setting VPN Android untuk PPTP VPN dan Open VPN

Cara Setting VPN Android untuk PPTP VPN dan Open VPN

android-vpn

VPN atau Virtual Private Network adalah sebuah koneksi privat melalui jaringan publik atau internet, virtual network berarti jaringan yang terjadi hanya bersifat virtual. Private di sini maksudnya adalah bersifat privat dimana tidak semua orang bisa mengaksesnya. Data yang dikirimkan terenkripsi sehingga tetap rahasia meskipun melalui jaringan publik. Jika menggunakan VPN kita seolah-olah membuat jaringan di dalam jaringan atau biasa disebut tunnel. VPN menggunakan salah satu dari tiga teknologi tunneling yang ada yaitu: PPTP, L2TP dan standar terbaru, Internet Protocol Security (biasa disingkat menjadi IPSec). VPN merupakan perpaduan antara teknologi tunneling dan enkripsi. Bagi para pengguna smartphone Android maupun tablet berbasis Android, Oprekers tentu bisa melakukan pengaturan atau modifikasi perangkat Android Oprekers secara mandiri. Salah satu pengaturan yang biasa dilakukan sendiri oleh para pengguna Android adalah mengatur VPN-nya. Bagi para pengguna Android yang jarang melakukan modifikasi Android, mereka tentu belum mengetahui bagaimana cara setting vpn Android. Bahkan, mereka mungkin juga belum tahu apa sebenarnya manfaat melakukan setting vpn di Android.

Bagi Oprekers yang ingin men-setting perangkat Android Oprekers, cara setting vpn android sebenarnya cukup mudah. Oprekers harus memperhatikan hal-hal dasar yang penting sebelum melakukan pengaturan VPN seperti jenis koneksi VPN (Virtual Private Network) yang digunakan di perangkat Oprekers, apakah Open VPN Client, PPTP, atau menggunakan aplikasi VPN yang dirancang oleh Android. Setelah itu, Oprekers juga harus menyiapkan nama server yang akan digunakan, username dan juga password untuk penyedia VPN tersebut. Kemudian, lakukan koneksi dari perangkat Android yang akan diatur VPN-nya dengan server yang dituju.

Secara teori, cara setting vpn di Android memang terlihat mudah, namun jika Oprekers masih bingung, berikut ini ada tutorial untuk men-setting VPN di perangkat Android dengan menggunakan PPTP VPN gratis dan menggunakan config Open VPN sekolah, kampus, atau kantor. Jika hanya untuk melakukan browsing secara anonim, Oprekers dapat memanfaatkan aplikasi proxy browser for Android yang akan menyembunyikan alamat IP perangkat ponsel Android Oprekers. Selain itu aplikasi ini juga bisa digunakan untuk membuka situs-situs yang diblokir.

Langkah-Langkah Membuat Koneksi PPTP VPN

Hal yang dilakukan pertama kali dalam cara setting vpn di Android adalah membuka menu ‘Settings’. Setelah itu pilih pada bagian Wireless Controls atau Wireless & Networks, hal ini tergantung pada versi perangkat Android Oprekers.

setting-vpn-android-1

Isi Data-Data yang Diperlukan

Setelah Oprekers memilih Wireless Controls, Oprekers akan menemukan VPN Setting. Cara setting vpn di Android selanjutnya adalah pilih VPN Settings kemudian klik pada Add VPN setelah itu pilih pada Add PPTV VPN. Kemudian, Oprekers akan diminta untuk mengisi semua data yang dibutuhkan seperti VPN Name dan VPN Server. Untuk VPN Name, isikan nama untuk koneksi baru yang akan Oprekers buat. Sedangkan untuk VPN Server diisi nama server sesuai dengan penyedia VPN yang akan digunakan.

setting-vpn-android-2

Simpan Koneksi PPTP

Setelah mengisi data-data yang diperlukan, pilih pada Enable Encryption dan aktifkan. Cara setting vpn di Android pun sudah selesai dan Oprekers bisa menyimpan pengaturan tersebut untuk mulai menggunakannya.

setting-vpn-android-3

Cara Melakukan Koneksi

Setelah Oprekers melakukan cara setting vpn di android dan ingin melakukan koneksi ke server, caranya cukup dengan membuka VPN Settings seperti cara di atas tadi dan pilih konfigurasi yang telah Oprekers buat. Setelah itu masukkan username dan password, serta klik Connect maka Oprekers pun sudah bisa terhubung.

Tips Menggunakan Setting Open VPN di Android

Biasanya open VON digunakan oleh instansi-instansi besar seperti kampus, perkantoran, sekolah, maupun kampus. Cara setting vpn di Android dengan open VPN, Oprekers memerlukan konfigurasi khusus yang bisa Oprekers peroleh dari pihak instansi yang akan Oprekers gunakan VPN-nya karena mereka adalah administrator atau server jaringan  VPN.

Sebenarnya, memang ada beberapa VPN yang menawarkan config yang gratis untuk digunakan. Akan tetapi, jika Oprekers melakukan cara setting vpn di Android dengan VPN tersebut Oprekers juga akan mendapat pembatasan bandwidth, kuota per user, maupun kecepatan akses internet.

Untuk membantu mempermudah pengaturan Oprekers, cara setting vpn di Android dapat menggunakan bantuan aplikasi OpenVpn for Android yang akan memudahkan pengaturan dan Oprekers juga tidak perlu membuat koneksi yang baru. Untuk mengunduh aplikasinya di Google Play Store, Oprekers bisa klik link berikut ini OpenVPN for Android.

Cara mengatur VPN di Android harus memperhatikan beberapa hal yang mendasar seperti username, password, dan tentunya nama server. Oprekers juga harus memperhatikan bahwa setiap penyedia VPN mempunyai data login yang berbeda-beda sehingga jika Oprekers sering mengganti VPN di perangkat Android Oprekers, maka username dan password-nya pun belum tentu sama.

Menggunakan Setting OpenVPN pada Android

OpenVPN umumnya digunakan oleh instansi besar seperti perkantoran, kampus maupun sekolah. Untuk menggunakan OpenVPN pada perangkat android, Oprekers membutuhkan config khusus yang diberikan oleh pihak instansi selaku administrator (server) jaringan Virtual private network.

Memang, ada beberapa provider VPN yang memberikan config gratis untuk digunakan. Namun tentu saja disertai pembatasan bandwidh, kecepatan akses internet maupun kuota per user.

Cara setting vpn di ponsel android memakai aplikasi OpenVPN for Android untuk mempermudah pengaturan serta tidak diperlukan membuat koneksi baru seperti tutorial sebelumnya.

Download aplikasi OpenVPN for Android melalui google play.

  • http://www.androidindonesia.me/ Dzulqarnain Blongkod

    Namun sayang ini masih menemui banyak kendala pada beberapa perangkat Android yang masih memakai Android versi Gingerbread

    __________________________
    Android Indonesia