Game Emulator untuk Android

Game Emulator untuk Android

Inilah salah satu kelebihan dari Android yaitu kita bisa memainkan permainan yang biasanya dimainkan di Play Station, Sega, Gameboy, dan Nintendo, ke dalam Android hanya dengan menggunakan emulator yang berfungsi  sebagai mesin virtual agar bisa dimainkan pada OS Android.

Berikut ini adalah beberapa emulator yang bisa dipakai di Android :

  1. Play Station. Untuk emulator Play Station terdapat dua emulator, yaitu psx4droid & FPse. Agar bisa menjalankannya kita juga harus menambahkan file bios ke dalamnya melalui menu setting.
  2. Super Nintendo Emulator :  biasa disebut Snesoid.
  3. Sega Emulator :  (genesis).
  4. Gameboy emulator : (GBA).

Itulah beberapa contoh aplikasi yang bisa digunakan sebagai emulator untuk bisa dijalankan di OS Android. Setelah emulator tersebut diunduh, ada beberapa langkah pengaturan yang harus dilakukan. Nah, langkah-langkah tersebut adalah :

1. Buatlah folder khusus pada eksternal SD card untuk menempatkan file bios.

Sebagai contoh : GamePsx. Untuk mempermudah dalam pembuatannya, gunakan manajeman aplikasi atau file yang bisa diunduh di Play Store. Es file Manager atau Astro File Manager misalnya.

1.Install aplikasi emulator PS-x  pada HP Android kamu(FPse).

 fpse

Instal aplikasi psx bios.

ps

Setelah itu lakukan pengaturan bios. Masuk ke setting – system – bios loading.

 

5. Lalu browse file bios sesuai dengan folder yang telah kamu buat tadi.

 

6. Apabila langkah-langkahnya sudah lengkap, jangan lupa kamu save agar setting-nya tak berubah-ubah. Klik atau sentuh menu Default Config Save (save as default config).

street

Langkah selanjutnya kamu tinggal browsing game PS-1 yang akan dimainkan. Untuk game PS-1 nya sendiri gunakan game yang extension atau format ISO/Bin jangan yang exe. Untuk pengaturan stiknya sendiri, kamu dapat mengakses pada menu input ketika game sedang dimainkan, nanti tinggal di cek tombol mana yang akan ditampilkan. Lalu save.

Berikut game yang dapat kamu instal. Kamu pun dapat mencarinya di www.emuparadise.me. Atau bisa dilihat pada daftar website di bawah. Kebanyakan game untuk sekelas PsX tersebut berkapasitas lebih dari 500 MB, jadi harap bersabar dalam mengunduhnya. Atau untuk PS1 kita bisa menggunakan CD PS1 kemudian di convert menjadi ISO.

Sedikit tips agar tidak lag bermain di Fpse, GenSoid Dll.

  • Tips 1

Langkah 1 :

– Jalankan Fpse atau Android emulator lain.

– Masuk menu dan pilih setting.

– Masuk ke sistem.

– Mode acceleration dicentang, gte acceleration dicentang, fast booting dicentang , dualcore boost dicentang , boost mode jangann dicentang (ini justru akan membuat game PSX menjadi lag).

Catatat : jika semua yang telah disebutkan diatas itu telah dicentang, maka biarkan saja. Lewati untuk langkah selanjutnya.

 

Langkah 2 :

– Sekarang back

– Masuk ke video

– Framilimiter jangann dicentang, frameskip diset up to 50 fps, frameskip fix jangan dicentang (katanya ini mempercepat tapi justru membuat game PSX terputus putus), fast draw dicentang.

Catatat : tidak semua permainan kompatibel dengan fast draw. Jadi jika gambarnya muncul setengah atau malah tidak muncul sama sekali, fast draw-nya jangan dicentang.

 

  • Tips 2

 

Jadi setting-nya, mdec acceleration dicentang, gte acceleration dicentang, fast booting dicentang, boost mode dicentang <– ini yang membuat fps meningkat.

Catatan : boost mode harus dicentang manual setiap kali akan memainkan permainan, setting-an tidak bisa tersimpan secara otomatis.

Selanjutnya masuk ke video, framilimiter jangan dicentang, frameskip set up to 30-40 fps saja, jika 50 fps jalannya permainan akan agak loncat-loncat. Frameskip fix jangan dicentang, fast draw dicentang (opsional).

 

———————————————————————————————————————-

Daftar website Game Emulator bisa dikunjungi :

– http://www.freeroms.com/

– http://www.emuparadise.me/

– http://www.romulation.net/

ps

(Psx)

 

snesoid

 

(Snesoid)

 

gameboid

 

(GameBoy Emulator (GBA)