Inilah Fitur-Fitur Android Terbaru Jelly Bean 4.3

Inilah Fitur-Fitur Android Terbaru Jelly Bean 4.3

 Sebelumnya isu yang diberitakan adalah keluarnya Android Key Lime Pie (KLP) yang akan mengadopsi versi 5 alias Android 5.0,  apabila rumor tersebut terbukti benar maka Key Lime Pie bisa dipastikan akan membawa perubahan signifikan. Seperti yang terjadi pada versi-versi  sebelumnya, lompat angka yang jauh biasanya diikuti oleh perubahan besar. Namun ternyata versi yang akan keluar adalah versi Android 4.3, yang artinya hanya akan ada perubahan sedikit dari versi sebelumnya, yaitu Jelly Bean. Karena pada umumnya, perubahan versi yang masih dekat, mengartikan tidak ada banyak perubahan yang berarti, namun perubahan angka yang jauh akan sangat terlihat perbedaannya baik dari performa maupun tampilannya itu sendiri.

Meskipun demikian tentu saja masih menarik untuk ditelisik, Android 4.3 Jelly Bean hampir dipastikan akan diumukan pada konferensi Developer Google I/O, yang untuk tahun ini akan digelar pada tanggal 15-17 Mei 2013, di Moscone Center West, San Francisco, Amerika Serikat. Pada acara tersebut para fans Android hanya akan disuguhi update OS mobile Android 4.3 Jelly Bean dan bukannya Key Lime Pie. Saat ini Android 4.3 sudah berjalan di beberapa perangkat. Hal ini bisa diketahui melalui log yang menunjukkan kunjungan server dari perangkat Android 4.3. Perangkat tersebut tampaknya untuk menjalankan build terbaru JWR23B.

Tapi yang lebih menarik lagi adalah daftar nama perangkat yang telah menjalankan OS mobile Android 4.3 adalah Nexus 4 –generasi lawas dari seri Nexus, dua tablet Google– Nexus 7 dan Nexus 10. Kemudian ada dua entri yang mengejutkan, perangkat yang belum diumumkan Huawei U8819 dan smartphone droid kelas low-end Pantech Breakout (terdaftar sebagai ADR8995).

Kira- kira perbaikan dan fitur terbaru apa saja yang akan digeber oleh update terbaru ini? Belum ada bocoran resmi, namun sebagai pemanasan mari kita intip beberapa prediksi berikut.

Android, tak terkecuali di Android 4.3 kabarnya akan lebih cepat dan halus ketimbang Android 4.2 Jelly Bean. Situs Android central melaporkan jika Google sedang bekerja pada Linux Kernel 3.8 untuk Android 4.3. Ini agak teknis intinya, dengan level kernel tersebut maka konsumsi memori RAM dapat ditekan, dengan begitu fungsi multitasking bisa efisien.

Google Babble

babbe

Google Babble merupakan fitur yang bakal menyatukan berbagai layanan chatting ke dalam sebuah aplikasi. Dikutip dari Android Geeks, Google Babble akan mencakup Google Talk, Hangaouts, Voice, Messenger serta Google Drive. Fasilitas ini dikatakan bakal tersedia juga untuk Android lama, Gingerbread ke atas ini tampaknya bukan lagi angan-angan belaka.

Native Video Call

android-2-3-4-to-bring-native-facetime-like-video-calling-to-the-platform-_2

Walaupun mayoritas ponsel Android dilengkapi kamera depan, tetapi hanya segelintir saja yang mendukung native video call (panggilan video tanpa aplikasi). Nah, di Android 4.3 fasilitas tersebut besar kemungkinan akan diungkap. Langkah ini sekaligus untuk bersaing dengan face time milik apple, video chat dari BlackBerry, dan Skype yang terintegrasi dengan Windows Phone. Sejatinya Google sudah lama menyediakannya yakni lewat Hangouts di Google+, tetapi belum disematkan secara default pada sistem Android. Jika skema integritas dengan Google+ ini terrealisasi, maka secara otomatis fasilitas video conference pun akan tersedia.

Sinkronisasi Fitur Pesan

android-microsoft-outlook

Apakah Anda pernah me-reset atau meng-upgrade OS Android? Melakukannya memang mudah, tetapi yang kerap membuat malas adalah mengamankan data. Anda harus memindahkan file-file di ponsel ke PC terlebih dahulu, sedangkan email dan kontak tidak perlu sebab tersimpan secara otomatis di internet pada server milik Google. Bagaimana dengan SMS dan MMS? Anda harus melakukannya dengan cara berliku dan dengan menggunakan aplikasi tambahan. Tetapi di Android 4.3, Google akan menambahkan fasilitas Text Sync,  di mana pesan SMS dan MMS dapat tersinkronisasikan langsung dengan ke internet seperti halnya Gmail. Di luar poin-poin tadi, tentunya ada sejumlah spekulasi lain untuk Android ini, sebut saja metode Swipe di Virtual keyboard, multiple select pada Contact, opsi tampilan persen di ikon baterai, serta peningkatan Google Now.

Bagaimana? Sangat menarik bukan fitur-fitur yang diperkirakan ada pada Android 4.3 ini? Tentunya Oprekers sebagai pencinta Android akan sangat penasaran dan tidak sabar untuk bisa segera mencoba Android Key Lime Pie. Tetap bersabar ya, sambil menunggu Oprekers bisa mengoprek ponsel Jelly Bean sepuasnya, sehingga nanti Oprekers dapat merasakan perbedaan yang signifikan pada Android 4.3, termasuk peningkatan kecepatan pada sistem operasi ponsel.